PRIMA77 Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil

PRIMA77  Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil – Cara mengatasi aki mati pada kendaraan. Aki merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan. Fungsi utama dari aki sendiri adalah untuk menyuplai tenaga listrik ke komponen kendaraan lainnya. Oleh karena itu baterai harus dijaga agar tidak habis.

Jika baterai tidak dirawat maka baterai akan mati. Jika baterai habis, kendaraan tidak akan dapat digunakan dengan baik. Pasalnya, daya baterai tidak cukup untuk menjalankan komponen kendaraan yang membutuhkan listrik. Kendaraan tidak dapat dihidupkan karena tidak ada aliran listrik untuk menghidupkan kendaraan.

Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil

PRIMA77 Bahkan, untuk mengatasi masalah aki, Anda bisa membawa kendaraan Anda ke bengkel. Namun disini kami akan membahas cara mengatasi aki mati pada kendaraan. Berikut cara memperbaikinya.

Langkah Jitu Mengatasi Aki Mobil Bau Dan Panas

Pemasangan baterai memerlukan cara yang tepat dan harus dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan Anda telah menyiapkan alat-alat berikut ini ketika ingin mengatasi aki mobil mati. Alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah obeng pipih, cairan pengisi baterai kering dan basah, kain lap, ink jet printer, dan pita perekat.

Jika semua alat sudah siap, langkah selanjutnya adalah melepas aki dari kendaraan. Namun jangan asal-asalan dalam perilisannya. Yang perlu Anda lakukan adalah melepas kutub positifnya terlebih dahulu. Kemudian setelah melepas kutub negatif. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah percikan api akibat gesekan logam.

Setelah melepas aki dari seluruh kabel yang ada di dalam kendaraan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai membersihkannya. Saat membersihkan harus menggunakan kain lap, bersihkan bagian yang kotor dengan kain bersih yang sudah disiapkan agar benar-benar bersih.

Jika sudah jelas, langkah selanjutnya adalah melepas penutup baterai. Anda dapat menggunakan obeng pipih untuk membuka penutup baterai. Buka bagian yang bertuliskan “Jangan dibuka”. Lakukan juga hal yang sama pada bagian samping dan belakang penutup baterai. Selama proses pembukaan, Anda harus berhati-hati agar tidak merusak wadah baterai.

Memperbaiki Aki Basah Yang Rusak

Setelah penutup baterai dibuka sepenuhnya, Anda akan menemukan enam lubang. Lubang ini cukup kecil. Inilah saatnya mengisi lubang dengan air dari aki.

Untuk proses pengisian ini, Anda bisa menggunakan alat suntik yang sudah disiapkan. Isi setiap lubang hingga hanya 1 inci di bawah lubang baterai. Setelah terisi, tutup setiap lubang dengan selotip untuk mencegah masuknya udara.

Anda juga harus berhati-hati selama proses penyuntikan. Jangan biarkan air baterai bersentuhan dengan kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi. Setelah selesai, ganti baterainya. Periksa apakah berbagai bagian mobil yang memerlukan aki dapat distarter.

Cara mengatasi aki mobil mati bisa Anda lakukan di rumah. Namun untuk mendapatkan aki kendaraan yang lebih optimal dan mempercepat proses pengerjaan, ada baiknya membawa kendaraan ke bengkel terdekat. Aki merupakan bagian penting pada kendaraan. Oleh karena itu, perlu dipahami kapan baterai mulai mengering. Berikut cara memperbaiki baterai yang mati

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak, Jangan Kaget Bisa Hidup Lagi

Tak heran jika aki dianggap sebagai komponen penting pada mobil. Tanpa baterai yang sehat, banyak komponen lain yang tidak dapat berfungsi dengan baik karena membutuhkan listrik. Penting untuk mengetahui cara memperbaiki baterai kering.

Parahnya, mobil tidak mau hidup, apalagi berjalan. Seperti yang Anda ketahui, dalam proses pengapiannya mobil membutuhkan aki sebagai baterai atau sebagai alat pemberi sumber listrik. Baterai menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.

Bisa juga dikatakan bahwa aki, akumulator atau akumulator yang sering disebut dengan aki merupakan satu-satunya sumber tenaga listrik pada kendaraan. Dalam industri otomotif, aki dibedakan menjadi dua jenis, basah dan kering.

Lalu apa perbedaan aki kering dan aki basah? Pada baterai jenis kering, cairannya lebih kental dan bentuknya gel. Sedangkan cairan pada aki basah lebih encer seperti air pada umumnya. Perbedaan lainnya adalah aki kering memerlukan perawatan rutin, berbeda dengan aki kering bebas perawatan yang bisa disebut juga bebas perawatan (MF). Agar lebih jelas, berikut ulasan lengkap mengenai aki kering dan cara memperbaikinya.

Beli Yuasa Aki Basah Mobil New Pafecta 55d23l 1pc

Pada dasarnya ada lima jenis baterai. Kelimanya mempunyai spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan harga yang berbeda-beda, apa sajakah? Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

Pertama, ada baterai basah. Baterai jenis ini merupakan baterai yang paling umum dan paling mudah ditemukan. Disebut aki basah karena di dalam aki ini terdapat cairan elektrolit atau air aki yang berupa asam sulfat. Air aki basah mengandung timbal-antimon yang cepat habis karena potensi penguapannya yang tinggi.

Biasanya aki basah dijual dengan harga lebih murah dibandingkan aki jenis lainnya. Tak hanya itu, banyak bengkel yang pasti menjual atau menawarkan jasa perawatan aki basah. Namun aki basah memerlukan perawatan rutin. Penguapan yang terjadi dapat menyebabkan cairan aki cepat terkuras. Lalu, jika tidak dirawat dengan baik, cairan aki bisa bocor dan merusak komponen lainnya.

Meski disebut baterai kering, bukan berarti baterai jenis ini tidak mengandung cairan elektrolit. Baterai kering, juga dikenal sebagai Bebas Perawatan, menggunakan cairan elektrolit yang mengandung timbal kalsium. Dibandingkan dengan timbal antimon pada baterai basah, timbal kalsium lebih efisien dalam proses penguapan. Selain itu, aki kering tidak perlu dirawat sesering aki basah karena aki ini tidak perlu diisi cairan elektrolit. Baterai kering juga tertutup rapat sehingga cairan elektrolit di dalamnya tidak mungkin bocor.

Begini Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Namun karena kualitas aki kering lebih baik dibandingkan aki basah, maka aki jenis ini dijual dengan harga lebih mahal. Penyegelan yang kuat juga memiliki beberapa efek. Pasalnya, ketika Anda melakukan perawatan dry cell, otomatis Anda harus mengganti komponen dry cell tersebut karena segelnya tidak bisa dibuka.

Baterai hybrid dapat digunakan oleh banyak jenis mobil. Baterai jenis ini disebut hybrid, teknologi yang digunakannya sepertinya merupakan hasil kombinasi sifat-sifat baterai konvensional dan yang disebut Bebas Perawatan atau disingkat MF.

Baterai hybrid masih menggunakan cairan elektrolit seperti baterai konvensional, namun laju penguapannya sangat rendah. Berbeda dengan tipe konvensional, baterai hybrid diisi cairan dari pabrik dan berlistrik. Jadi bisa langsung digunakan sebagai baterai MF.

Bicara kandungan kimianya, baterai jenis ini merupakan hasil penggabungan baterai konvensional dengan baterai kalsium. Dengan kombinasi tersebut, baterai jenis ini dikenal memiliki tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak memerlukan perawatan rutin.

Harus Tau! Perbedaan Aki Motor Basah Dan Kering Pada Motor

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang baterai hybrid. Seperti halnya baterai kalsium, baterai hybrid jarang ditemukan di toko. Selain itu, cairan elektrolit di dalamnya bersifat korosif dan berbahaya bagi kulit manusia.

Seperti baterai konvensional, baterai hybrid juga memerlukan penggantian air. Hal ini termasuk dalam perawatan rutin penambahan air pada aki agar aki tetap berfungsi dengan baik dan awet. Pasalnya seiring berjalannya waktu dan penggunaan, terjadi proses penguapan pada baterai hybrid.

Berbeda dengan aki kering dan basah, kutub aki ini terbuat dari bahan kalsium. Baterai kalsium biasanya memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah dibandingkan baterai. Di sisi lain, umur baterai kalsium yang tahan lama sangat baik dalam menyediakan listrik.

Sayangnya baterai jenis ini masih belum begitu populer di Indonesia. Baterai ini jarang ditemukan di toko-toko. Kalaupun ada atau akan ada, persediaannya akan terbatas dan harganya juga tidak sedikit.

Langkah Mudah Perbaiki Aki Kering Sendiri, Tanpa Ke Bengkel

Terakhir, baterai ini disebut baterai berteknologi canggih. Alih-alih menggunakan cairan elektrolit, baterai jenis ini justru menggunakan gel. Tentu saja, kemungkinan gelnya kecil untuk bocor. Jika gelnya bocor, Anda tidak perlu khawatir karena baterai ini tidak menggunakan cairan elektrolit yang bersifat korosif atau berbahaya.

Ingatlah bahwa baterai gel sebenarnya bebas perawatan. Baterai gel bertahan lebih lama dibandingkan jenis baterai lainnya. Tak ayal baterai gel dijual dengan harga mahal. Namun baterai jenis ini tidak akan mudah ditemukan di bengkel atau toko.

Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui cara memperbaiki baterai yang mati. Banyak orang yang masih percaya bahwa baterai mati yang sudah mulai aus tidak dapat diperbaiki.

Padahal itu cara paling mudah dan efektif untuk memperbaiki aki kering. Namun perlu diingat bahwa memperbaiki aki yang kering bukan berarti mengembalikan aki ke yang baru. Cara ini hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu saja atau bersifat sementara. Jika bertahan lama, umumnya tergantung pada komponen baterai.

Apa Yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki

Setelah alat dan bahan sudah lengkap, Anda harus melepas terlebih dahulu aki pada mobil atau motor. Untuk melakukan ini, lepaskan dulu kutub positif (+).

Hal ini untuk mencegah kunci jatuh secara tidak sengaja ke dalam mobil dan mencegah percikan api menyentuh logam dan tiang negatif (-).

Cara mengatasi aki kering selanjutnya adalah dengan membersihkannya jika mati. Jadi ketika dia mulai membongkarnya, semua kotoran berjatuhan ke lantai. Sedangkan cara membersihkan aki yaitu hingga bagian yang kotor dibersihkan dengan lap.

Cara mengatasi aki yang benar-benar kering selanjutnya adalah dengan membuka penutup aki. Gunakan obeng pipih (-) yang tersedia dan tampilkan tulisan “Jangan dibuka”. Lakukan hal yang sama pada bagian samping dan belakang penutup baterai. Buka kotak baterai dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak

Setelah membuka penutup baterai, Anda akan menemukan enam lubang. Kemudian diisi menggunakan air aki (zuur) dengan spuit. Isi setiap lubang hingga 1 inci dari dasar lubang baterai.

Cara memperbaiki aki kering sepeda motor dan mobil ini juga bisa digunakan untuk aki basah. Setelah semua lubang karet terisi, tutup rapat dengan selotip plastik hingga tidak ada celah udara.

Berhati-hatilah saat mengisi daya baterai, jangan sampai terkena kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jika terlanjur rusak, segera gosok dengan sabun untuk mengurangi iritasi.

Proses selanjutnya adalah pengisian baterai kering. Bengkel biasanya menyebutnya battery shock. Dua metode yang biasanya digunakan pada bagian ini, pengisian atau menggunakan teknik ‘jumper’ yaitu.

Begini Cara Jumper Aki Motor Yang Benar, Biar Enggak Konslet!

Ini bukanlah metode baru, terutama jika Anda seorang master. Biasanya sudah menyediakan alatnya

Cara memperbaiki aki basah, cara merawat aki basah mobil, memperbaiki aki basah soak, memperbaiki aki basah, cara memperbaiki aki basah yang lemah, cara memperbaiki aki basah motor, cara memperbaiki aki mobil basah, cara memperbaiki aki basah mobil yang soak, cara memperbaiki aki basah yang rusak, memperbaiki aki basah mobil, cara memperbaiki aki basah soak, cara memperbaiki aki basah mobil yg soak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *